Senin, 07 Januari 2013

Fakta Tentang Wisata Raja Ampat

Raja Ampat Papua memilki banyak sekali potensi keindahan alam laut dan pantai nya, tidak hanya di daratan, akan tetapi juga wisata bawah lautnya yang sungguh menggoda mata. Maka tak heran jika wisata Raja Ampat Papua ini menjadi wisata favorit dunia saat ini. Dan ternyata Raja Ampat Papua juga memiliki Fakta-fakta yang mungkin belum anda ketahui. Berikut Fakta Tentang Wisata Raja Ampat


 
Kepulauan Raja Ampat tak hanya dianggap sebagai taman laut terbesar di Indonesia, namun juga diyakini memiliki kekayaan biota laut terbesar di dunia. Terkuaknya panorama alam bawah laut Raja Ampat bermula ketika seorang penyelam ulung berkebangsan Belanda bernama Max Ammer mengunjungi kawasan ini. Kunjungan pertama Max Ammer pada tahun 1990 ke Raja Ampat bermula dari keinginannya untuk menelusuri kapal dan pesawat yang karam pada masa Perang Dunia II. Penelusurannya ini sangat berkesan, sehingga pada tahun 1998 ia mengajak Gerry Allen, seorang ahli perikanan (Ichthyologist) dari Australia, untuk mengadakan survei di tempat ini. Betapa terkejutnya Gerry Allen melihat sumber daya bawah laut yang begitu beragam dalam jumlah yang sangat besar.
Gerry Allen kemudian mengontak Conservation International (CI) untuk mengadakan survei kekayaan bawah laut di perairan Raja Ampat pada tahun 2001 dan 2002. Hasil survei ini membuktikan bahwa perairan Raja Ampat merupakan kawasan terumbu karang dengan kekayaan biota laut terbesar di dunia. Kawasan ini  memiliki setidaknya 1.300 spesies ikan, 600 jenis terumbu karang, serta 700 jenis kerang, belum lagi berbagai jenis kura-kura, ganggang, dan ubur-ubur.
Demikianlah sekilas fakta fakta tentang objek wisata Raja Ampat Papua yang mungkin belum anda ketahui. Indonesia memang kaya akan keindahan alamnya, mulai dari pulai Bali, Lombok, termasuk Papua dengan Wisata Raja Ampat nya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar