Sabtu, 19 Januari 2013

Kuliner Khas Raja Ampat

BPUN9CDVSWE5

Para Warga setempat Raja Ampat sebagian bekerja sebagai nelayan dan petani tradisional. Mereka kebanyakan masih bertahan pada cara hidup tradisional, makan makanan tradisional yang disiapkan dengan cara yang tradisional. 



Makanan pokok di Papua antara lain adalah nasi, sagu dan ubi, yang biasanya disiapkan terpisah dari hidangan laut, ayam, daging babi dan sayur-sayuran hijau.Kelapa juga biasanya digunakan untuk memasak, sebagai contoh, daun umbi yang direbus bersama dengan santan. Babi utuh dipanggang untuk acara-acara adat. Masakan tradisional raja ampat antar lain seperti, Mumu, Barapen Ayam dan Papeda.

Kuliner di Raja Ampat - Mumu adalah masakan tradisional yang namanya diambil dari nama tempat memasak warga setempat; dikombinasikan dengan daging babi, ubi manis, nasi dan sayuran. Mumu dimasak di atas batu yang sangat panas. Barapen Ayam ala Walesi adalah salah satu makanan adat Papua yang sangat terkenal, Walesi sendiri adalah nama dari salah satu suku Wamena. Mereka menggantikan daging babi dengan daging ayam, karena mayoritas penduduk Wamena adalah Muslim. 

Cara memasaknya adalah dengan menggunakan batu yang dibakar hingga merah, menaruhnya didalam drum yang sudah ditanam di dalam tanah. Setelah itu,baru ditaruh ubi manis, dan sayuran. Lalu, daging ayam yang sudah diberi bumbu, siram daging ayam, ubi manis dan sayuran dengan minyak.Kemudian tutup drum dengan plastik tebal yang tahan panas.

Masakan tradisional yang lainnya adalah Papeda, yang dibuat dari tepung sagu. Makanan ini sangat populer bagi masyarakat pantai atau daerah dataran rendah. Untuk membuatnya relatif mudah, cukup dengan menuangkan air panas ke dalam tepung sagu, aduk berulang kali hingga kental dan memiliki penampilan seperti lem. Menikmati papeda dengan bumbu kuning atau hidangan ikan asam atau yang lainnya (opsional) ditambah dengan sambal akan terasa sangat lezat. 

Ada juga minuman tradisional seperti Saguer, semacam 'MILO' (minuman lokal) alkohol yang diproses dari kelapa murni. Minuman yang dapat memabukan, relatif mudah untuk membuat. Tetapi jika anda berkunjung ke sana, pastikan Anda menikmati jenis makanan laut segar yang melimpah.

2 komentar:

  1. terima kasih atas informasinya, bisa juga mampir ke artikel mengenai kartu pra kerja jika berkenan. terima kasih banyak

    BalasHapus
  2. Raih Kemenangan Besar Anda Disitus MARIO QQ, Hanya Dengan Modal Rp.10.000 Anda Bisa Menangkan Jackpot Jutaan Rupiah Setiap Harinya !!!

    ✅ BONUS TURN OVER 0.3%
    ✅ BONUS REFFERAL 15%
    ✅ WIN RATE GAME 96,9%
    ✅ 100% PLAYER Vs PLAYER ( NO ROBOT & ADMIN )
    ✅ Minimal Deposit Bank : Rp.10.000 (BCA MANDIRI BNI BRI DANAMON)
    ✅ Minimal Deposit Pulsa : Rp.10.000
    ✅ Support E-Cash : GOPAY , DANA , OVO , LINK

    Berapapun Kemenangan Bosku Pasti Akan Kami Bayar dan Kita Proses Dengan Cepat !!!
    Hanya Disitus MARIO QQ Yang Memberikan JACKPOT dan BONUS TURN OVER Yang FANTASTIS Loh !!! Ayo Tunggu Apalagi Buruan Daftarkan dan Mainkan
    Langsung Disitus Resmi MARIO QQ Dibawah Ini melalui :
    WHATSAPP +62 821-4331-1663

    Link Alternatif :
    - www.marioqq88. org

    BalasHapus